Thursday 2 January 2014

Berkebun : The Beginning

Selamat datang di blog saya!!. Berkebun saat ini sudah menjadi hobi yang lumayan diminati oleh masyarakat Indonesia. Saya dapat menilai seperti itu karena berdasarkan yang saya rasakan sampai saat ini, banyak komunitas-komunitas yang bermunculan di Indonesia. Contohnya adalah Indonesia Berkebun yang memiliki sub-sub di beberapa kota di Indonesia, Indmira, Urban Farming dan sebagainya. Kebetulan saya sering mengikuti kegiatan di Jepara Berkebun.

Berkebun itu asik!. Kegiatan-kegiatan yang menimbulkan stres bisa sirna setelah saya merawat anak-anak saya (red. Tanaman saya). Sebenarnya hobi berkebun sudah saya gemari sejak dulu bahkan pada masa sekolah. Sudah sangat lama sekali *haha*. Berhubung saya kuliah di kota rantau yaitu Solo atau Surakarta, kegiatan itu hampir tidak pernah saya lakukan dengan alasan tidak ada lahan dan malas mencari tanah. Saya sudah tau kalau saya keliru karena menanam tidak hanya memerlukan lahan luas atau dengan media tanah saja. Apadaya rasa malas membuat saya bertekuk lutut *haha*. Prestasi berkebun saya selama kuliah yaitu membuat pot dari botol air mineral 1,5 liter yang kemudian saling dihubungkan dan digantungkan. Teknik tersebut disebut penanaman secara vertikultur. Namun kemudian, pot-pot tersebut hanay terbengkalai dan sukses membuat nilai mata kuliah kewirausahaan saya dan kelompok saya dapat A *Alkhamdulillah hehe*.

Setelah saya lulus saya kembali ke Jepara, tempat lahir saya dan memulai lagi berkebun. Beberapa jenis sayuran saya tanam seperti kangkung, sawi, baby timun, tomat dan bawang merah tuk-tuk. Berhubung saya hanya penanaman skala rumah akhirnya semua bibit tersebut saya dapatkan dari Jepara Berkebun kecuali tomat. Memang Jepara Berkebun merupakan komunitas dibawah naungan Indonesia Berkebun yang mengedukasi dan membantu masyarakat dalam hal berkebun terutama pada ketahanan pangan masyarakat. Jepara Berkebun sering membagikan bibitnya untuk masyarakat yang ingin menanam sayuran dirumahnya. Masyarakat juga dituntun agar belajar dari pengalaman menanamnya dan ketika ada kesulitan maupun permasalahan akan dibantu bahkan terkadang malah sesama penggiat dan masyarakat saling mengajari jika ada permasalahan.

Bibit tomat saya semai sendiri dari buahnya langsung. Jenis tomat yang saya semai adalah tomat buah dan tomat sayur. Berikut adalah beberapa capture kebun yang saya ambil. Kebun ini saya beri nama "Kebun Balkon" karena letaknya berada pada balkon samping yang sempit sekali *haha*. Jika anda mempunyai hobi yang saya, yuk segera tanam favoritmu! Happy Gardening!.

Atas : Sawi berumur 2 minggu yang ditanam pada gelas air mineral
Bawah : Kangkung berumur 2 minggu

Baby timun berumur 1 bulan yang sudah terlihat calon buahnya

Tomat sayur yang berumur 1 bulan dan sudah terlihat buahnya

No comments:

Post a Comment